Click here for Myspace Layouts
You are here: Home > > Restore Backup OS dengan Acronis

Restore Backup OS dengan Acronis


Merestore Image (Recovery)


Setelah mem-backup drive system operasi, maka jika suatu saat komputer (operating system) mengalami gangguan, kita dapat me-restore kembali backup tersebut. Untuk me-restore backup tersebut dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:
1)      Pilih menu Recovery, seperti cara memilih menu Backup.
2)      Kemudian akan muncul dialog Welcome To The Restore Data Wizard. Pilih Next untuk melanjutkan.
3)      Pada kotak dialog berikutnya Backup Achieve Selection, pilih lokasi image backup dimana Anda menyimpannya. Contohnya image Anda terdapat di D:\MyBackup\Backup0909.tib maka pilih direktori tersebut kemudian pilih Next.
4)      Setelah Anda memilih Next, maka akan muncul kotak dialog Restoration Type Selection. Pada langkah ini Anda diminta memilih 2 pilihan, apakah Anda ingin membackup seluruhnya atau hanya file/folder nya saja. Jika ingin me-restore semuanya (seluruh isi image drive tersebut), maka pilih menu Restore Disk or Partitions. Setelah itu pilih Next.

 
5)      Setelah itu masuk ke langkah berikutnya, Partition Or Disk To Restore, pada langkah ini pilihlah harddisk tempat Anda akan me-restore. Setelah itu pilih Next.
6)      Langkah berikutnya Restored Partition Location. Pilihlah drive atau partisi tempat Anda akan me-restore image, contohnya C:\. Setelah itu pilih Next.
7)      Setelah itu akan muncul dialog seperti gambar berikut, pada tahap ini Anda diminta untuk memilih Restored Partition Type, ada tiga pilihan Active, jika image-nya merupakan backup dari system operasi, setelah itu pilih Next.
8)      Setelah itu langkah berikutnya Restored Partition Size, maksudnya jika Anda ingin mengubah besar kapasitas dari drive tempat me-restore, dalam hal ini langsung saja pilih Next.
9)      Pada langkah berikutnya Next Selection, Anda ditanyai apakah ingin me-restore image lainnya, pilih Yes, I want to restore another partition or hard disk drive jika anda ingin me-restore image yang lainnya, dan pilih No, I do not, jika tidak. Setelah itu pilih Next.
10)  Langkah terakhir pada dialog yang akan muncul pilih Proceed untuk memulai me-restore image.
11)  Tunggulah proses restore (recovery) hingga selesai. Jika sudah selesai maka akan ditampilkan dialog box yang menyatakan bahwa proses backup telah selesai.
12)  Setelah itu restart komputer dengan menekan tombol ctrl+alt+del secara bersamaan. Dengan demikian, sistem operasi yang di restore akan dapat berjalan sebagaimana mestinya.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

1 Response to “Restore Backup OS dengan Acronis”:

  1. andry yudha says:

    nice sharing gan,,
    sangat membantu nih buat recovery images dari pada pake recuva :D

Leave a comment

Silakan berikan komentar Anda disini